image

Supaya Sosialisai Empat Pilar Efektif

Senin, 15 Juni 2015 16:01 WIB

Reiner Ointoe, seorang budayawan Kota Manado punya pangdangan dan pendapat  menarik mengenai Sosialisasi Empat Pilar MPR.  Agar sosialisasi ini bisa efektif dan menemui sasaran, ia mengusulkan agar sosialisasi Empat Pilar, khususnya di Kota Manado, ditujukan ke pimpinan masyarakat terbawah. 

Di Kota Manado ada yang disebut Kepala Lingkungan (Pala), dan juga para pendeta Gereja dan imam masjid.  Di Kota Nyiur Melambai ini terdapat 13 Kecamatan dan 87 kelurahan. Setiap kelurahan terdiri dari beberapa Pala. Jadi, jumlah Pala yang terdapat di kota ini lebih dari 200 orang, ditambah pendeta dari sekitar 500 gereja dan imam dari 238 masjid di Kota Manado.

Menurut Reiner, mereka inilah yang paling utama perlu diberi sosialisasi. "Mereka (Pala, pendeta, dan imam) inilah nantinya menyebarluaskan nilai Empat Pilar kepada warganya," ungkap Reiner yang mengaku pernah beberapa kali mengikuti sosialisasi Empat Pilar. Dalam sosialisasi di Manado kali ini, Reiner duduk sebagai salah satu narasumber bersama Wakil Ketua MPR EE Mangindaan dan anggota MPR Elnino M. Husein Mohi.

Selain itu, menurut Reiner, mereka yang mencalonkan diri sebagai  angggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten Kota, kalau perlu diuji dulu pengusaan Empat Pilar. "Soalnya ini calon pejabat negara perlu mengusai Empat Pilar," katanya. Kalau mereka nanti terpilih menjadi pejabat negara tidak menguasai Empat Pilar, menurut Reiner,  itu belum lengkap.

Mengenai sosialisasi yang sekarang ini berlangsung, menurut Reiner, hanya untuk pengetahun peserta saja. "Mereka hanya tahu bahwa UUD telah berubah, tapi implementasinya di masyakarat tidak efektif," begitu komentarnya. Lain halnya, kalau sosialisasi ini ditujukan ke pemimpin masyakat paling bawah.