image

TB Hasanuddin: Pancasila Harus Jadi Landasan Etika Elit Politik

Sabtu, 30 Mei 2015 09:51 WIB

Anggota MPR RI Tb Hasanuddin mengatakan keberadaan Pancasila tergantung dari cara kita mengimplementasikannya. Pancasila harus dilaksanakan secara konsisten.

"Pancasila sebagai ideologi, dasar negara dan falsafah hidup idealnya dipraktikkan dalam setiap aktivitas masyarakat," kata Hasanuddin saat menyampaikan keynote speech dalam seminar kebangsaan bertema "Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Memperkokoh Etika Kehidupan Berbangsa dan Bernegara" di Blitar, Jawa Timur, Sabtu 30 Mei 2015.

Seminar kebangssan kerjasama MPR dam Pemkot Blitar ini dihadiri Walikota Blitar M. Samanhudi Anwar dan anggota MPR Martin Hutabarat serta narasumber. Seminar ini adalah dalam rangkaian peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni di Blitar.

Menurut Hasanuddin, nilai-nilai Pancasila sebagai landasan etika harus terus digelorakan melalui internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

"Selain itu, perlu sikap konsisten dari elemen bangsa. Pemimpin dan elit politik harus menjadikan Pancasila sebagai landasan etika dan pedoman dalam berpikir dan bertindak," papar pimpinan Badan Pengkajian MPR itu.

Lebih lanjut Hasanuddin mengungkapkan enam etika yaitu etika sosial dan budaya, etika politik dan pemerintahan, etika ekonomi dan bisnis, etika penegakan hukum yang berkeadilan, dan etika keilmuan serta etika lingkungan. 

"Seminar ini akan menjawab pertanyaan tentang tantangan dalam upaya menegaskan Pancasila sebagai landasan etika dan bagaimana langkah strategis menjadikan Pancasila sebagai landasan etika kehidupan berbangsa dan bernegara," pungkasnya.